Rabu, 29 Mei 2013

Setting PPN di Barang dan Customer

Untuk transaksi penjualan saat ini bagi PKP (Pengusaha Kena Pajak) dalam setiap penjualannya akan memasukkan PPN 10%, dan untuk itu Penjual membuatkan Faktur Pajaknya. Kali ini kita membahas bagaimana men-Setting PPN pada penjualan kita baik pada Barang/Jasa kita dan juga pada Customer/Pelanggan kita. Untuk Faktur Pajak akan muncul otomatis di Print/Layar bila sudah dilakukan Setting PPN-nya.

Untuk Setting PPN, klik Daftar (menu di atas), Daftar Lain, Kode Pajak. Isi PPN, 10, kodenya, dan juga akun Pajak Keluaran(saat jual) dan Pajak Masukannya(saat beli).

Setelah di Setting PPN untuk kode pajaknya, maka selanjutnya bisa di Setting di Barang, Persediaan, Barang/Jasa, buka item barang terkait, isi seperti contoh pada gambar.

Begitupula halnya untuk Customer, pada Daftar (disamping), Customer/Pelanggan, buka nama pelanggan yang sudah PKP, selanjutnya isi seperti contoh pada gambar.

Untuk PPN pada Supplier bisa dilakukan seperti pada Customer.

7 komentar:

  1. boleh nanya gak, saya mau buat pesanan pembelian lalu ada diskon kemudian stelah di diskon kena pajak 10%. tapi kenapa ya kok ppnx gak sesuai, bisa bantu gak?

    BalasHapus
  2. boleh nanya gak, saya mau buat pesanan pembelian lalu ada diskon kemudian stelah di diskon kena pajak 10%. tapi kenapa ya kok ppnx gak sesuai, bisa bantu gak?

    BalasHapus
  3. boleh nanya gak, saya mau buat pesanan pembelian lalu ada diskon kemudian stelah di diskon kena pajak 10%. tapi kenapa ya kok ppnx gak sesuai, bisa bantu gak?

    BalasHapus
  4. boleh nanya gak, saya mau buat pesanan pembelian lalu ada diskon kemudian stelah di diskon kena pajak 10%. tapi kenapa ya kok ppnx gak sesuai, bisa bantu gak?

    BalasHapus
  5. boleh nanya gak, saya mau buat pesanan pembelian lalu ada diskon kemudian stelah di diskon kena pajak 10%. tapi kenapa ya kok ppnx gak sesuai, bisa bantu gak?

    BalasHapus
  6. boleh nanya gak, saya mau buat pesanan pembelian lalu ada diskon kemudian stelah di diskon kena pajak 10%. tapi kenapa ya kok ppnx gak sesuai, bisa bantu gak?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus