Minggu, 10 Maret 2013

Input Aktiva Tetap Baru


Pada Software Accurate, penghitungan penyusutan Aktiva Tetap dan jurnalnya dilakukan secara otomatis setiap bulannya. Caranya dengan melakukan Period End / Proses Akhir Bulan.

Kali ini kita akan membahas mengenai input Aktiva Tetap Baru. Saat pembelian aktiva tetap, saat membeli kita akan men-Debet perkiraan Transaksi Aktiva Tetap (tipe akun Aktiva Lancar lainnya). Pada akhir bulan data seluruh pembelian aktiva tetap di-input ke modul Aktiva Tetap. Caranya klik Aset Tetap, Aset Tetap Baru, maka akan muncul gambar seperti di atas. Input data-data aktiva tetap baru pada tab Umum seperti contoh tersebut. Setelah itu input Tab Pengeluaran pilih akun Transaksi Aktiva Tetap (di Kredit) dengan jumlah (Rp) nilai aktiva tetapnya.

Ada 3 metode penyusutan yang bisa dipilih untuk digunakan yaitu Metode Garis Lurus, Metode Penyusutan Double Declining, dan Metode Sum Years Digit.

Setelah klik Simpan Baru(untuk input lagi) atau Sinpan Tutup maka selesailah proses input untuk 1 Aktiva Tetap Baru. Bisa untuk input lagi atau selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar